Saturday, November 16, 2019 | By: Gesty Zenerra

STOP ASUMSI: Hikmah Dari Membaca Novel Dilan (Ditinjau Dari Sudut Pandang Emak-Emak)

Setelah sekian tahun absen dari dunia tulis-menulis, akhirnya saya kembali lagi.
Sebelumnya lama banget ga pernah nulis karna kesibukan (baca: kemalasan) dari koas sampai sekarang udah nikah, dan beranak pinak huahaha (iye anaknya udah dua).

(image source: Google)

Pengen banget nulis review nya buku Dilan yang ditulis sama kang Pidi Baiq (saya kagum! Brilian). Ada 3 buku: Dilan Dia Adalah Dilanku tahun 1990. Dan sekuelnya: Dilan bagian kedua: Dia Adalah Dilanku tahun 1991. Dan yang ketiga adalah Milea: Suara Dari Dilan.

Telat banget sih sebenernya😌 Bukunya aja udah dibikin film (dua-duanya), dan saya ga nonton (hahah.. gatau banget ternyata keren gini bukunya)

Dari awal ngebaca bener-bener ga bisa move on. Lanjut. Lanjut terus. Sambil ngebayangin kira2 pas tahun segituan (90-91) gimana ya kondisinya. Saya aja lahir tahun 90 hahah, jadi cuma bisa ngebayangin aja.

Seru sih. Kisah percintaan yang anti mainstream. Kalau saya bilang ini tetap happy ending-dengan versinya sang penulis. Biasanya kan kalo cinta-cintaan itu happy endingnya kalo kedua tokohnya bersama. Lha ini ga bersama kok malah happy ending. Eh maaf spoiler haha.. nggak papa lah ya, kan udah telat juga.

Gaya bahasanya yang pake sudut pandang orang pertama (di buku Dilan 1990 dan 1991 sudut pandang Milea, di seri ketiga sudut pandang Dilan), mengalir banget penuturannya. Ini tuh baca seperti seolah-olah si tokoh lagi ngobrol sama kita (dia suka pake kata “kamu” ). Asik juga ngikutin dari awal sampai akhir.

Dilan 1990 dan 1991 ini memang berkesinambungan, sesuai dengan judulnya. Seri yang pertama cerita tentang awal kepindahan Milea ke Bandung, sampai dia mengenal Dilan dan segala macam pedekate nya yang berakhir pacaran. Sekuel kedua tentang pas sudah pacaran plus sampai mereka berpisah. Spoiler alert. Nah kalo yang ketiga itu, cerita keseluruhan dari sudut pandang Dilan. Kata ayah Pidi Baiq sih banyak yang nge-judge si Dilan, nah, si buku ketiga inilah jawabannya.

Menurut saya sih Dilan ga seganteng Iqbaal gitu kalo baca bukunya. Tapi kalo orangnya memang unik! Cerdas! Kalo si Milea, katanya sih emang mirip-mirip gitu sama pemeran di film; cantik. Buktinya banyak banget yang naksir dia. Dari temen-temen sekolahnya, sepupu jauh, kenalan, banyak!

Saya tuh orangnya emang mudah terharu aka cengeng, jadi pas baca ini udah berapa kali ya nangis. Haha memang receh sayanya. Berasanya ngalamin sendiri jadi Milea, jadi tuh ya gitu deh sampe anak saya minta makan aja ditunda dulu karena emaknya nangis #eh hehehe..

Dari novel itu saya jadi tau pacarannya anak SMA jaman 90an kaya gimana. Surat-suratan hahaha.. seru. Telfonan pake telfon rumah. Cuma keluar jalan-jalan naik motor aja udah auto seneng. Kayaknya ada sih yang udah ngemall, nonton di bioskop gitu, tapi Milea ga ngedapetin itu semua dari Dilan. Mungkin itu juga yang bikin dia jatuh cinta, anti-mainstream.

Konfliknya anak SMA ya ga jauh-jauh dari lingkungan pergaulan. Padahal di awal udah ngebayangin aja si Dilan cinta mati sama Milea, dan begitu juga sebaliknya. Eh, ternyata karena hal yang sepertinya bukan signifikan, mereka jadi berpisah. Yah. Namanya anak SMA.

Kata penulis, cerita Dilan Milea ini asli lho. Berdasarkan penuturan tokoh aslinya ke penulis. Saya ketika baca juga merasa ini nyata, meskipun ada beberapa mungkin yang agak berbeda dari aslinya, karena kan ini memang fiksi.  Cerita yang bagus, dan yang nulis orangnya juga anti mainstream, jadi deh novelnya booming. Good job!

Mengenai jalan cerita, bagus. Saya suka. Tapi memang suka geregetan sendiri di akhir-akhir cerita. Ada satu hikmah yang bisa diambil dari sini dalam suatu hubungan (entah itu temenan, pacaran ataupun pernikahan); STOP ASUMSI. Asumsi itu bisa membunuhmu eh nggak juga ding, tapi bisa membunuh hubunganmu. Ini dari awal hubungan.
Contoh, pas awal pedekate, Dilan udah gencar banget deketin, eh ada kabar kalau Milea udah jadian sama salah satu temen sekelasnya, eh Dilannya stop deketin Milea nya. Untung Milea menjelaskan, akhirnya jadian juga mereka.
Pas udah pacaran, Milea ga pernah bertanya cerita yang sebenernya ketika temen sesama geng motor (si Akew) meninggal, dia sibuk berasumsi sendiri, yang akibatnya.. yah.. berakhir hubungannya.
Pas lagi konflik, pas sedang jauh, mereka berdua sibuk berasumsi masing-masing, pada akhirnya tidak ada komunikasi lagi di antara mereka. Padahal, ada kesempatan untuk berbicara.
Pada akhirnya, mereka menemukan pasangan masing-masing.
Happy ending kan?
Tapi masing-masing.
Dilan dengan pasangannya.
Milea dengan pasangannya.
.
.
Dalam  sebuah hubungan diperlukan yang namanya komunikasi. Ga bisa kita menebak isi pikiran orang lain sekalipun itu pasangan kita. Dan ga ada salahnya buat bertanya, mengetahui yang sebenarnya, menempatkan kita pada sudut pandang pasangan.k
Karena hubungan adalah kerjasama kedua belah pihak. So, please stop assuming, and atarting communicate.

Sekian hikmah dari membaca novel ala emak-emak yang usia hubungannya baru seumur jagung.

3 comments:

GROBOGAN BLACK METAL said...

Kak, punya channel youtube nggak??? Yuk saling subscribe....

GROBOGAN BLACK METAL said...

https://youtu.be/k9x9F4IEv74

Anonymous said...

Rules and Baccarat | Fantasy Sports Baccarat
We'll let you know what to expect for our 온카지노 newest and hottest new baccarat card game in 2021! Join us for FREE febcasino today! 제왕카지노

Post a Comment